Stasiun Kota Baru Malang

Saat berkembangnya kota Malang di masa lalu, dibangunlah stasiun kereta api penghubung kota Malang dengan kota kota lainnya. Stasiun kereta api Kota Malang yang lebih dikenal stasiun kota Baru terletak di kawasan klojen yang lebih tepatnya berada di Jln Trunojoyo no 10 Kidul Dalem. Stasiun ini dibangun pada tahun 1940 yang berhadapan langsung dengan monumen Tugu tepat di depan Balai kota Malang.

Bangunan stasiun ini cukup unik karena gaya arsitektural kolonial modern yang bisa disebut dengan Niewe Bouwen. Stasiun ini di rancang saat meledaknya perang dunia ke II Di Hindia Belanda. Tujuan dibangunnya satasiun ini pada saat itu agar tetap bertahan walaupun terjadi serangan bom. Struktur bangunan ini dibuat dari beton dengan sistem kontruksi rangka beton dengan dinding isinya berupa batu bata. Struktur atap dari stasiun ini dibuat dengan pelat beton yang sangat tebal sehingga bisa melindungi dari serangan bom. Gaya yang diterapkan bangunan ini bisa disebut dengan International Style merupakan gaya bangunan yang fungsional dan dan cukup minimalis.

Stasiun-Kotabaru-Malang

Stasiun ini memiliki keistimewaan yaitu merupakan stasiun satu satunya yang memilki lorong bawah tanah, yang lorong tersebut digunakan untuk menghubungkan peron satu dengan peron lainnya. Stasiun ini memiliki 12 jalur aktif dengan 3 jalur sebagai jalur sepur lurus. 5 jalur digunakan untuk langsir kereta penumpang. Jalur 1 menghadap langsung ke peron utama yang diperuntukkan bagi KA Eksekutif jarak Jauh. Jalur 2, 3, 4, dan 5 dapat mengakses ke peron lewat terowongan.

Fasilitas Stasiun Malang

Stasiun Kota Baru ini memilki fasilitas seperti mesin cetak tiket mandiri, ruang tunggu yang dilengkapi multimedia, toilet umum, lima loket dan tiga peron. Selain itu juga terdapa lahan parkir yang cukup luas, mesin ATM dan food court bagi penumpang kereta api yang sedang lapar.

Namun untuk mushola, stasiun ini belum menyediakan jadi jika ingin sholat dapat dilakukan di luar stasiun. Di lima loket tersebut, terdapat loket 1 dan 2 yang di khususkan untuk pembelian tiket jarak jauh. Loket 3 di khusukan untuk membeli tiket go show jarak jauh, sedangkan loket 5 di khususkan untuk go show jarak dekat. Untuk loket 4 digunakan untuk tiket jarak dekat.

Wisata Dekat Stasiun

  • Taman Trunojoyo: Tepat didepan stasiun yang terdapat patung singa yang cukup besar, taman ini cocok melepas lelah setelah perjalanan.
  • Museum Malang Tempoe Doeloe: Museum yamng menampilkan koleksi Malang pada zaman dahulu, yang bisa di akses dengan berjalan kaki.
  • Alun Alun Tugu Malang: Alun alun tugu ini berbentuk lingkaran yaang terdapat tugu menjulang tinggi di tengahnya. Dapat diakses dengan menyebrang ke Taman trunojoyo dan berjalan kaki ke jalan besar.
  • Balai Kota Malang: Setelah lelah di perjalanan anda dapat menaiki “Macito” Malang City Tour yang akan mengajak wisatawan berkeliling melihat Kota Malang.
  • Tarekot: Disebelah selatan terdapat kolam renang yang biasa di sebut dengan tarekot, anda dapat menceburkan diri disana.
  • Pasar Bunga: Pasar bunga ini memiliki banyak jenis bunga, yang dapat dijangkau dengan jalan kaki dari stasiun.
  • Kampung warna dan kampung Tridi: Berada di sebelah timur stasiun yang dapat dikunjungi dengan berjalan kaki. Kampung ini merupakan kampung yang unik sekaligus instagramable di Kota Malang.
  • Alun alun Malang: Lokasinya berada tidak jauh dari stasiun , pengunjung dapat berjalan kaki untuk mengaksesnya. Terdapat air mancur yang menyala pada jam tertentu.
  • Gunung Bromo: Secara geografis gunung bromo memang letaknya sangat jauh dari stasiun karena memang berada pada ketinggian yang tidak mungkin dijangkau oleh kereta, Namun bila anda mengikuti open trip bromo midnight dan anda berangkat dari luar kota menuju malang dengan menggunakan kereta api maka stasiun kota baru lah yang menjadi tujuan anda.

Akses Menuju Stasiun Malang

Lokasinya strategis menjadikan Stasiun Kota Baru Malang mudah untuk di jangkau oleh siapapun. Stasiun kota Baru ini dilintasi beberapa angkutan umum seperti ADL , AL, AMG, ABG, MM dan AJG.

Anda juga bisa menuju stasiun dengan menggunakan jasa transportasi online seperti grab atau gojek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *